February 19, 2008

Peksipel: Siswa Berprestasi Seni Masuk Unila tanpa Tes

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Universitas Lampung (Unila) memberikan peluang bagi siswa berprestasi di bidang seni masuk tanpa tes.

"Kami akan memprioritaskan siswa berprestasi baik di bidang olahraga maupun seni masuk Unila tanpa ujian," kata Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unila M. Thoha Sampurnajaya dalam pembukaan Pekan Seni Pelajar Lampung (Peksipel) di GSG Unila, Senin (18-2). Kegiatan ini diikuti 1.686 pelajar dari 101 SMA sederajat se-Provinsi Lampung.

Ia menjelaskan untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa di bidang seni, perguruan tinggi ini memiliki unit kegiatan mahasiswa bidang seni (UKMBS). "Selama ini UKMBS dikenal sebagai salah satu kawah candradimuka Lampung yang banyak melahirkan seniman," ujar dia.

Sebab, kegiatan ini merupakan salah satu penunjang dari sistem pembelajaran yang ada. "Proses pendidikan tidak hanya semata-mata mengembangkan penilaian akademik, tapi juga kemampuan emosional, dan spiritual. Ketika lulus nanti, mereka memiliki kemampuan yang seimbang," ujarnya.

Karena pendidikan seyogianya tidak hanya mengembangkan otak kiri, tapi juga perlu ada keseimbangan dengan otak kanan. "Untuk itulah, Unila sangat concern dan mendukung berbagai kegiatan UKM," kata dia.

Oleh sebab itu, ia menyambut positif kegiatan tersebut. "Mudah-mudahan kegiatan ini akan melahirkan seniman-seniman baru yang bisa membawa nama Lampung pada kancah nasional bahkan internasional," ujar dia.

Peksipel juga diharapkan bisa menjadi event tahunan yang bisa menunjang seni budaya daerah. Ke depan, selain seni modern, juga perlu dikembangkan lomba baca dan tulis puisi berbahasa Lampung, pop daerah Lampung, dan dangdut daerah Lampung. Event ini sekaligus salah satu pendukung pengembangan dan penggalian budaya daerah khususnya bahasa Lampung. "Kegiatan ini bisa menjadi salah satu wadah bagi para guru bahasa daerah Lampung serta pelajar Lampung untuk mengapresiasi dan menuangkan karyanya," ujar Thoha.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tibrizi Asmarantaka, yang mewakili Gubernur Lampung mengemukakan Pemerintah Provinsi sangat mendukung kegiatan positif anak muda. "Selain untuk mengembangkan seni budaya di daerah, kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi bagi pelajar Lampung."

Sementara itu, Peksipel berlangsung semarak dengan menggelar lomba tari kreasi bedana Lampung, modern dance, penulisan puisi, penulisan cerita pendek, pembacaan puisi, story telling, poster, nyanyi tunggal pop, lomba nyanyi tunggal dangdut, dan kompetisi band. TYO/S-2

Sumber: Lampung Post, Selasa, 19 Februari 2008

No comments:

Post a Comment