January 3, 2009

[Kronika] Lampung Bentuk Federasi Teater Indonesia

BANDAR LAMPUNG--Bulan ini, Lampung akan membentuk Federasi Teater Indonesia (FTI). Pimpinan Teater Satu Iswadi Pratama dipercaya sebagai penanggung jawab pembentukan FTI Lampung.

Iswadi ditunjuk sebagai penanggung jawab berdasar pada pertemuan FTI III di Graha Bhakti Budaya, Jakarta, yang berlangsung 27--28 Desember lalu. "Saya targetkan, Januari ini FTI Lampung sudah terbentuk. Tahap pertama, saya akan mengundang kawan-kawan seniman dan pihak-pihak yang peduli pada teater untuk membicarakan masalah ini," kata Iswadi di Bandar Lampung, Selasa (30-12).

FTI bukan wadah eksklusif seniman teater. "Siapa saja yang peduli dengan tetaer bisa bergabung. Karena bergerak di bidang advokasi, FTI tentu sangat membutuhkan dukungan kawan-kawan dari berbagai latar belakang untuk membesarkan wadah ini," ujar sastrawan yang baru menerbitkan antologi puisi Gema Secuil Batu ini.

FTI III yang berlangsung dua hari itu diisi diskusi yang membahas perkembangan teater modern di Tanah Air. Pembicaranya antara lain Mudji Sutrisno, Slamet Rahardjo, dan Fazrul Rahman.

Selain itu, berlangsung juga penganugerahan FTI III kepada Nano Riantiarno. Sebelumnya, W.S. Rendra menerima anugerah FTI I, kemudian FTI II diberikan pada Putu Wijaya. n MAT/P-1

Sumber: Lampung Post, Minggu, 4 Januari 2009

No comments:

Post a Comment