January 15, 2009

Visit Lampung: Dibutuhkan Kerja Sama untuk Membangun Pariwisata Lampung

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Lampung memiliki banyak potensi pariwisata yang dapat dijual dan Lampung sudah siap memberikan pelayanan dalam Visit Lampung Year (VLY) 2009 ini. Untuk itu, dibutuhkan adanya kerja sama semua pihak, dalam menumbuhkembangkan pembangunan pariwisata di Lampung.

Ketua Komite Pariwisata Lampung Idrus Djaendar Muda mengatakan dia tidak sependapat jika wisata Lampung mengalami kemunduran. Selain begitu banyaknya objek wisata yang sudah dikembangkan, kini terdapat 42 agenda dalam VLY 2009. Sehingga, target kunjungan wisatawan ke Bandar Lampung yang hanya 2 juta orang, bukan hal yang sulit didapat.

"Kita jangan hanya melihat adanya objek wisata yang infrastrukturnya belum bagus. Masih banyak juga objek wisata yang jalannya bagus dan perlu dikembangkan. Tinggal bagaimana kita melayani wisatawan dengan baik. Tentunya harus melalui promosi yang kontinu," kata Idrus, dalam pertemuan sinergisitas pelaku wisata, di RM Pondok Bambu, Way Halim, Rabu (14-1).

Menurut Idrus, yang akrab dipanggil Yuskas, jika ditanya kesiapan, hampir semua daerah tidak akan siap dalam pengelolaan objek wisata. Terlebih dalam VLY. Mengingat, pembangunan objek wisata selalu dinamis, mengikuti selera wisatawan yang akan mengunjunginya.

"Tapi, dengan semangat kebersamaan, semua bisa dilaksanakan. Kalau menunggu kesempurnaan aksesibilitas, sampai kapan pun sulit terwujud," kata dia.

Sementara itu, pemerhati masalah budaya, Ansori Djausal, mengatakan menyambut VLY 2009, dalam waktu dekat ini, di Bandar Lampung akan dilaksanakan Festival Durian, mulai tanggal 23--25 Januari 2008. Dan, pada bulan Juni 2008, akan digelar Festival Begawi Bandar Lampung.

"Belum lagi puluhan festival lainnya. Semua memiliki nilai jual, seperti Festival Krakatau dan festival lainnya yang ada di kabupaten/kota," kata dia.

Semua pelaku wisata, lanjut Ansori, harus mampu memanfaatkan VLY 2009 sebagai momentum kebangkitan pariwisata Lampung. Terlebih, di Indonesia, dalam satu tahun, terdapat 120 juta wisatawan. Di mana 80 persennya mengunjungi objek wisata di Jakarta dan Jawa Barat. "Sehingga, sangat tidak mungkin Lampung tidak mampu meraih dua juta wisatawan dari total yang ada," kata dia. n Kim/K-2

Sumber: Lampung Post, Kamis, 15 Januari 2009

1 comment:

  1. Anonymous6:14 AM

    nice blog bang...semangat...!!!

    ReplyDelete