January 27, 2009

Sastra: GP Ansor Gelar Lomba Puisi

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Lampung bekerja sama dengan Dewan Kesenian Lampung (DKL) menyelenggarakan Lomba Menulis dan Membaca Puisi Selamatkan Palestina. Ketua panitia pelaksana lomba Yusrizal Karana mengatakan sastra sebagai kontrol sosial mempunyai "mata lain" dalam melihat peristiwa pembumihangusan Palestina dalam agresi Israel belum lama ini.

"Puisi mungkin bisa menjadi penyejuk hati bagi siapa saja yang bertikai," kata Yusrizal, Sabtu (24-1).

Lomba ini, kata dia, dimaksudkan untuk menggalang solidaritas sesama umat manusia atas tragedi berdarah serangan Israel terhadap warga Palestina. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat membangkitkan rasa kemanusiaan dan menumbuhkan kepedulian terhadap sesama.

Sekretaris panitia pelaksana Puji Raharjo Soekarno menjelaskan lomba membaca dan menulis puisi dapat diikuti pelajar SMA dan mahasiswa yang memiliki kepedulian terhadap Palestina. Karya puisi harus asli, bukan terjemahan atau saduran.

"Setiap peserta lomba boleh mengirimkan maksimal tiga puisi. Setiap puisi tidak boleh lebih dari dua halaman kuarto, diketik 1 spasi dengan format Times New Roman ukuran huruf 12. Alamat dan biodata ditulis di halaman terpisah. Cantumkan nomor telepon dan telepon seluler kalau ada," kata Puji.

Syarat lainnya, karya belum pernah dipublikasikan atau dilombakan. Peserta tidak dipungut biaya. Setiap sekolah tidak dibatasi jumlah peserta.

Kirimkan karya puisi ke alamat panitia di Sekretariat GP Ansor Provinsi Lampung Jalan Danau Toba Nomor 9, Kedaton, Bandar Lampung telepon (0721) 786273, 7532135, 081279307272 atau Sekretariat Dewan Kesenian Lampung (DKL) Kompleks Gedung Sumpah Pemuda Way Halim, Bandar Lampung.

Naskah, kata dia, diterima paling lambat 5 Februari 2009.

Karya-karya puisi yang masuk akan dinilai dewan juri dari unsur penyair dan pers. Penulis 20 karya terbaik akan diundang untuk membacakan karyanya pada 7 Februari 2009 bersama tokoh pemuda, politisi, birokrat, dan tokoh-tokoh Lampung lainnya. n ZUL/K-1

Sumber: Lampung Post, Selasa, 27 Januari 2009

2 comments:

  1. Terimakasih udo, informasinya udah dimuat di blog udo. Ini ada official blog lomba tersebut http://ansorsavepalestine.blogspot.com/
    Udo datang ya di acara tersebut.
    Salam
    Puji R. Soekarno

    ReplyDelete
  2. Trim juga. Biar tambah sip, situs ini (Lomba Menulis dan Membaca Puisi Selamatkan Palestina) di-link juga di Referensi Lain.

    ReplyDelete