September 18, 2011

[Inspirasi] Wisata Lampung, Setinggi Obsesi Suparwono

SUPARWONO (26), manusia tertinggi di Indonesia, terus menjadi ikon Lampung. Dengan tinggi badan 242 cm, ia menjadi salah satu promosi dunia kepariwisataan Provinsi Lampung. Ia mengaku dengan akan digelarnya agenda kepariwisataan nasional di Lampung, Festival Krakatau (FK) XXI tahun 2011, dunia pariwisata Lampung makin maju. "Harapan saya dunia kepariwisataan Lampung ke depan makin maju," kata Suparwono, Kamis (16-9).

Pria kelahiran Pagelaran, Kabupaten Tanggamus, Lampung (kini Pringsewu) 4 November 1985 itu mengatakan setelah dinobatkan sebagai "Duta Wisata Lampung" oleh Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. pada 2009, ia siap menyukseskan ajang kepariwisataan Lampung, termasuk Festival Krakatau.
"Saya dijadikan Duta Wisata Lampung sejak 2009 dan selalu siap untuk membantu semua pihak untuk turut memajukan kepariwisataan Lampung," katanya.
Suparwono yang selalu merendah dan mengaku kini menjadi penganggur itu tinggal di Desa Tritunggal Jaya, Kecamatan Gunungagung, Kabupaten Tulangbawang Barat.

Namun, ketika dimintai identitas seperti kartu nama oleh simpatisannya, "Si Jangkung" Lampung itu berseloroh tidak punya. "Jangankan kartu nama, KTP saja saya enggak punya, hahahaha," katanya tertawa lebar sambil membetulkan posisi ujung celana panjangnya.
Guna menjalankan tugasnya sebagai Duta Wisata Lampung itu, Suparwono juga telah mendapat bantuan sebuah mobil operasional khusus yang didesain sesuai dengan ukuran postur tubuhnya untuk mobilitas dirinya.
Mobil bak terbuka warna biru itu dilengkapi pula tulisan "Suparwono" di bagian belakang, dan tulisan "Duta Wisata" di kedua pintu kanan dan kirinya.
Saat duduk, berjalan, turun, dan akan naik ke mobilnya, dia selalu menjadi pusat perhatian warga, dan kebanyakan dari mereka langsung mengajak berfoto bersamanya dengan beragai ekspresi, baik melalui kamera maupun telepon seluler, dan Suparwono pun tampak selalu melayaninya secara bergantian dengan senang hati.
Ketika dikonfirmasi tentang tinggi badannya, Suparwono beberapa kali menyebutkan bahwa tingginya 242 cm dan dia mengklaim merupakan manusia tertinggi nomor dua di dunia setelah manusia tertinggi di dunia berasal dari negara Turki. Namun, dia tidak menyebutkan nama dan tinggi badan warga asal Turki itu.
Suparwono pekan lalu juga diudang khusus oleh Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. untuk hadir dan memeriahkan halalbihalal di jajaran pejabat eselon II, III, dan IV Pemprov Lampung di Mahan Agung (rumah dinas Gubernur Lampung), dan halalbihalal Gubernur Lampung dengan sekitar 5.000 PNS.

Pada kesempatan itu, Suparwono diberi kesempatan duduk di panggung tamu utama sejajar dengan pejabat eselon II dan III pemda.
Bahkan, setelah acara usai, dia "diserbu" penggemar termasuk Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P., anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokorpimda) Lampung, Wagub Lampung M.S. Joko Umar Said, Sekprov Lampung Berlian Tihang, pejabat, PNS, termasuk wartawan untuk berfoto bersama. (ANT/M-1)

Sumber: Lampung Post, Minggu, 18 September 2011

No comments:

Post a Comment