September 27, 2011

Bandara Seray: Pendaratan Perdana Dijadwalkan Rabu

LIWA (Lampost): Rencana pendaratan perdana (uji coba) operasional Bandar Udara (Bandara) Seray di Krui, Lampung Barat, akan dilaksanakan pada Rabu (28-9). Uji coba itu akan dilaksanakan pesawat terbang Susi Air yang membawa 12 penumpang dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Pesawat Susi Air dijadwalkan berangkat dari Halim pukul 09.00. Waktu tempuh menuju Bandara Seray diperkirakan 1 jam 25 menit.

Kabag Humas Pemkab Lambar Indra Kesuma, Senin (26-9), mengatakan Susi Air akan membawa 12 penumpang, di antaranya tiga perwakilan Kementerian Perhubungan, tiga anggota DPR, dan tiga perwakilan investor.

Penerbangan perdana di Bandara Seray ini merupakan salah satu rangkaian pelaksanaan HUT ke-20 Lambar. Izin penerbangan perdana itu dikeluarkan Pemerintah Pusat pada Jumat lalu, dan uji coba pendaratan perdana ini siap dilaksanakan.

Setelah uji coba pendaratan perdana operasional Bandara Seray ini, ke depan potensi Lambar, terutama di sektor pariwisata, diharapkan dapat digali maksimal. Bahkan, tidak hanya sektor pariwasata, tapi potensi sektor lain juga dapat digali.

Selama ini sektor pariwisata melalui kunjungan wisatawan mancanegara selalu meningkat, padahal sarana transportasi masih menggunakan jalur darat. Namun, dengan adanya bandara ini, jumlah wisatawan yang mengunjungi Lambar dipastikan meningkat.

Kemudian, potensi sektor lain seperti pertanian dan perikanan tangkap di wilayah ini juga cukup tinggi. Melalui alat transportasi udara, diyakini banyak investor yang akan masuk Lambar.

Meskipun demikian, kata Indra, keberadaan Bandara Seray sampai kini masih banyak keterbatasan, sehingga perlu pengembangan pembangunan lebih lanjut, terutama ukuran landasan. (ELI/D-3)

Sumber: Lampung Post, Selasa, 27 September 2011

No comments:

Post a Comment