September 22, 2011

Lapangan Terbang Serai Pekan Depan Diujicobakan

Liwa, Lampung 22/9 (ANTARA) - Lapangan terbang yang terletak di Pekon (Desa) Seray, Kecamatan Pesisir Tengah, Lampung Barat akan diujicobakan pada tanggal 28 September bertepatan dengan perayaan HUT ke-20 kabupaten tersebut.

"Persiapan uji coba lapangan terbang terus dipersiapkan, mulai dari sarana dan prasarana, sebab pengujicobaan lapangan terbang tersebut akan dihadiri pejabat dari dalam dan luar daerah," kata Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri, di Liwa, Kamis (22-9).

Dia menjelaskan, uji coba lapangan terbang tersebut menjadi kado istimewa bagi Lampung Barat.

Menurut dia, Lapangan Terbang Seray yang difungsikan membantu Lampung Barat dalam mempromosikan potensi wisata.

"Lapangan terbang yang dibangun tersebut jelas membantu Lampung Barat dalam mempromosikan wilayah, selain itu fungsi terbesar lapangan terbang tersebut untuk mitigasi bencana alam tsunami," kata Bupati lagi.

Masih kata dia, laju pembangunan di Lampung Barat akan berkembang pesat bila lapangan terbang tersebut benar-benar beroperasi.

Kemudian lanjut Mukhlis, pemerintah daerah tengah menunggu izin uji coba dari pemerintah pusat.

"Optimis hari yang telah ditetapkan untuk uji coba lapangan terbang tidak meleset, pasalnya tim dari pemerintah daerah telah menemui pemerintah pusat dalam mendapatkan izin terbang, dan sejauh ini pemkab mendapat sinyal baik untuk pengujicoban lapangan terbang tersebut," katanya.

Pembangunan Lapangan Terbang Seray bersumber dari dana APBD dan APBN, pembangunan lapangan terbang tersebut dimulai sejak tahun 2004 dan tahun ini mulai diujicobakan.

Luas lahan Bandara Seray mencapai 50 hektare, yang diawali dengan pembebasan lahan bersumber dari dana APBD Lampung Barat, yang kemudian dilanjutkan dengan pembuatan studi kelayakan pada tahun 2004 dan pembangunan lapangan terbang tersebut telah menghabiskan dana Rp150 miliar lebih.

Pembuatan Bandara Seray, bertujuan untuk prasarana mitigasi bencana, mengingat Lampung Barat rentan akan bencana gempa bumi dan tsunami.

Sementara itu Staf Khusus Bupati Lampung Barat Bidang Humas dan Hubungan Antarlembaga, Oking Ganda Miharja mengatakan, pemerintah daerah telah bertemu langsung dengan Dirjen Perhubungan untuk meminta izin terbang.

"Pihak pemerintah daerah telah melakukan dialog khusus terkait uji coba Lapter tersebut, pembicaraan itu melibatkan langsung pengusaha penerbangan Susy Air yang akan menjadi mitra Lapter tersebut, dan hasilnya pemerintah akan memberikan lampu hijau untuk mengujicobakan Lapter Seray," kata dia.

Dia menguraikan, optimistis sebelum tanggal 28 September izin terbang yang dikeluarkan pemerintah pusat telah diterima.

Masih kata Oking, pemerintah daerah terus mempersiapkan keperluan guna pelaksanaan uji coba lapangan terbang tersebut.

"Saya berharap waktu yang telah ditentukan itu tidak meleset, sehingga harapan masyarakat agar Lapter Seray berfungsi benar-benar terwujud," katanya.


Sumber: Antara, Kamis, 22 September 2011

No comments:

Post a Comment