September 28, 2010

Durian Kopi Luwak Minuman Khas Lampung Barat

Liwa, Lampung Barat, 28/9 (ANTARA) - Durian Kopi Luwak menjadi minuman khas dan sangat digemari masyarakat Lampung Barat, Provinsi Lampung.

"Minuman tersebut selain nikmat juga mampu menghangatkan badan serta berkhasiat," kata masyarakat, Pekon (Desa) Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat, Junaidi Tamrin (45) sekitar 278 Km dari Bandarlampung, di Kubu Perahu, Selasa.

Dia menjelaskan, kopi yang digunakan dalam minuman ini memiliki cita rasa tinggi, selain itu durian yang memiliki rasa yang khas mampu memberikan rasa yang beda pada minuman tersebut," kata dia.

Menurut dia, minuman durian kopi luwak menjadi minuman musiman.

"Jenis minuman kopi buah ini, tergolong menjadi minuman musiman, pasalnya minuman durian kopi luwak, dapat dijumpai saat musim durian seperti saat ini, sedangkan dihari biasa minuman ini jarang ditemui," kata dia lagi.

Kemudian lanjut dia, durian kopi luwak dapat menghangatkan tubuh dimalam hari, selain itu manfaat dari minuman ini dapat membangkitkan stamina," terangnya.

Kopi luak yang terdapat di Lampung Barat diolah menjadi minuman yang berbeda baik penyajian juga rasa, kopi ini diolah masyarakat setempat untuk dijadikan minuman campuran buah durian, sehingga rasa minuman tersebut begitu khas.

Durian kopi luwak sejak lama di manfatkan masyarakat sebagai minuman penghangat tubuh di malam hari, sebab di daerah itu memiliki suhu yang dingin, sehingga saat musim durian, hampir setiap malam masyarakat membuatnya.

Masyarakat Lampung Barat mempercayai bahwa minuman durian kopi luwak berhasiat memulihkan stamina, selain itu mampu memberikan tenaga baru.

Kopi luwak yang diseduh menggunakan buah durian mampu menciptakan aroma kopi yang unik, selain itu rasa khas kopi luak dan durian dapat menyatu dan menghasilkan rasa yang berbeda.

Minuman ini biasa disuguhkan pada malam hari, disaat suhu dingin mulai menyerang, selain itu minuman durian kopi luak, dapat ditemui pada saat musim durian seperti saat ini, sedangkan dihari biasa jarang sekali ditemui.

Musim durian di beberapa wilayah di sumatera di rasakan pula oleh masyarakat Lampung Barat, terlihat dengan menjamurnya pedagang durian di pasar maupun di di area kota.

Membuat minuman durian kopi luwak tergolong mudah, hanya menyiapkan kopi luwak dan beberapa biji durian, setelah itu dicampur dengan gula, kemudian di aduk, semakin kental minuman tersebut, maka rasanya pun semakin nikmat.

Sementara itu warga lain yang berada di Kota Liwa, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat, Nurhadi (41) mengatakan, minuman durian kopi luwak menjadi minuman wajib saat musim durian.

"Jenis minuman ini menjadi minuman wajib saat musim durian, bahkan terasa tidak lengkap bila musim durian tidak membuat minuman ini," kata dia.

Dia mengatakan, kopi luwak dipilih dapat memberikan rasa yang khas pada minuman ini," kata dia.

Menurut dia, minuman durian kopi luwak, menjadi minuman khas masyarakat Lampung Barat, dan menjadi minuman saat malam hari.

Sumber: Antara, Selasa, 28 September 2010

No comments:

Post a Comment