September 22, 2010

Unila Gelar Lomba Bahasa Lampung

BANDAR LAMPUNG (Lamost): Untuk pertama kalinya Unit Pelaksana Teknis Balai Bahasa Universitas Lampung (Unila) menggelar lomba pidato dan baca puisi berbahasa Lampung.

"Kami berharap adanya lomba kecakapan berbahasa Lampung, baik dalam pidato maupun dalam pembacaan puisi, ini dapat memasyarakatkan kembali penggunaan bahasa Lampung," kata Deddy Supriyadi, kepala Balai Bahasa Unila, kemarin (21-9).

Deddy mengatakan saat ini pengguna aktif bahasa Lampung dalam kehidupan sehari-hari semakin sedikit. Ia berharap maraknya kegiatan serupa dapat menstimulus murid SMP maupun SMA untuk mengenal bahasa daerah tersebut.

"Harapan kami, bahasa Lampung dapat menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri. Kalau kita perhatikan, di daerah lain bahasa ibu bahkan menjadi bahasa sehari-hari, bahkan menjadi bahasa dalam berbisnis," kata dia.

Ia mencontohkan etnis China di Palembang dalam kesehariannya bisa berbahasa Palembang, di Jawa Tengah juga demikian, termasuk juga di Padang. Fenomena ini anehnya tidak terjadi di Lampung.

Meskipun waktu terbatas dalam hal sosialisasi, animo murid SMP se-Bandar Lampung untuk mengikuti lomba ini cukup tinggi. Kami berencana meneruskan kegiatan serupa di masa mendatang.

Pada lomba yang berlangsung sejak Senin (20-9) hingga Selasa (21-9) itu, gelar juara I lomba baca puisi bahasa Lampung diraih Meutia Marta, diikuti M. Lutfi Arif (juara II) dan Fitria Jelita (juara III). Kemudian, gelar juara I lomba pidato bahasa Lampung diraih Restu Pratiwi, diikuti Iranda (juara II) dan Irma Melati (juara III).

Sementara itu, gelar juara I lomba pidato berbahasa Inggris diraih Almi Darajati Utomo dari SMAN 2 Bandar Lampung, diikuti Fitrua Handayani dari SMA Al Kautsar (juara II) dan Hany Prima yang juga dari SMA Al Kautsar (juara III).

"Para pemenang akan mendapatkan piala, piagam, dan uang pembinaan dari panitia," kata dia.

Eddy menambahkan selain lomba pidato berbahasa Lampung, lomba membaca puisi berbahasa Lampung, dan pidato berbahasa Lampung, Balai Bahasa Unila juga menggelar lomba debat berbahasa Inggris antarmahasiswa di lingkungan Unila. (MG14/S-1)

Sumber: Lampung Post, Rabu, 22 September 2010

No comments:

Post a Comment

Post a Comment