September 3, 2010

Kesenian: Kemah sastra Angkat Khazanah Lokal

BANDAR LAMPUNG (Lamppost): SMAN 1 Gadingrejo, Pringsewu, bersama Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan Lampung Post akan menggelar Kemah Bahasa dan Sastra. Kegiatan ini diharapkan mampu mengangkat kembali sastra lokal yang kian terpinggirkan.

Demikian terungkap dalam penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Lampung Post yang diwakili Wakil Pemimpin Umum Djadjat Sudradjat, Kepala SMAN 1 Gadingrejo Hermin Budiarsih, dan Dekan Fakultas Sastra UKI Fajar S. Roekminto.

"Kondisi sastra lokal dalam hal ini sastra lisan di Lampung sangat memprihatinkan. Saya berharap momen ini bisa mengangkat kembali sastra lisan Lampung ke permukaan untuk dikembangkan dan dilestarikan," kata Fajar S. Roekminto.

Sementara itu, Djadjat Sudradjat menyambut baik gagasan dan rencana pihak SMAN 1 Gadingrejo yang menggelar kemah sastra tersebut. Inilah pertama kali SMA di Lampung mengajak Lampung Post menggelar kemah sastra.

"Ini gagasan dan ide yang luar biasa. Apalagi ini datang dari sekolah di perdesaan. Kalau sekolah perkotaan mungkin sudah biasa melaksanakan berbagai acara besar. Kami sangat mendukung acara ini," ujarnya.

Hermin mengatakan Kemah Bahasa dan Sastra ini direncanakan melibatkan Pemerintah Provinsi Lampung, Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Dinas Pendidikan Pringsewu, Universitas Kristen Indonesia, dan Lampung Post sebagai media partner. Acara ini digelar di sekolah dengan target peserta 400 pelajar SMA se-Provinsi Lampung.

Menurut dia, acara kemah sastra ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan melihat kondisi bahasa dan sastra Indonesia yang sudah terlupakan. Kecintaan dan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia, apalagi sastra Indonesia sudah menurun. Hal ini otomatis menyebabkan lemahnya pemahaman dan minat generasi muda juga masyarakat sekarang terhadap bahasa dan sastra Indonesia.

"Saya berharap dengan adanya kemah sastra ini, selain mengangkat kembali sastra lokal juga dapat kembali meningkatkan minat siswa terhadap jurusan bahasa. Mudah-mudahan dari kegiatan ini banyak siswa tergugah untuk menekuni dunia sastra dan bahasa," kata dia. (MG14/S-2)

Sumber: Lampung Post, Jumat, 3 September 2010

No comments:

Post a Comment