September 23, 2010

Sastra: Tanggamus Gelar Batu Bedil Award

KOTAAGUNG (Lampost): Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tanggamus menggelar lomba penulisan puisi tingkat nasional bertajuk Batu Bedil Award. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memeriahkan Festival Teluksemaka (FTS) 2010.

"Tahun ini pelaksanaan FTS jatuh pada tanggal 22—26 November 2010, seluruh kegiatan berpusat di Kotaagung, Tanggamus," Kata Alfian A. Husin, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanggamus dalam siaran pers yang diterima Lampung Post, Rabu (22-9).

Menurut Alfian, event ini diharapkan mampu menyegarkan kembali identitas kultural masyarakat Kabupaten Tanggamus agar dikenal di tingkat nasional dan internasional.

Selain lomba cipta puisi, FTS berisi beberapa kegiatan lain, seperti musyawarah adat, pemberian adok atau gelar adat, ruwat laut, festival musik, lintas alam, lomba tari tradisional, lomba lagu pop daerah, gitar klasik, lomba mewarnai, pawai budaya, dan lain-lain.

Lomba cipta puisi yang bertajuk Batu Bedil Award 2010 ini, kata Alfian, sebagai upaya untuk mengeksplorasi seni budaya, pariwisata, tradisi, dan unsur-unsur kearifan lokal di Kabupaten Tanggamus secara kreatif melalui ide-ide dan gagasan yang segar. Bukan sekadar data geografis dan angka statistik tentang kunjungan wisatawan.

“Batu Bedil Award diharapkan dapat menjadi pemantik bagi masyarakat yang berada di luar Kabupaten Tanggamus untuk menelusuri potensi budaya wisata," ujar Alfian.

Syarat-syarat lomba cipta puisi Batu Bedil Award, kata Alfian, mengambil tema Eksplorasi kreatif seni budaya, tradisi, dan pariwisata khusus di Kabupaten Tanggamus. Sedangkan peserta terbuka untuk umum, naskah murni karya sendiri (bukan tiruan/plagiarisme ataupun hasil saduran dari naskah mana pun), belum pernah dimuat atau dipublikasikan di media massa atau sedang diikutsertakan dalam lomba penulisan di tempat lain. "Peserta dapat mengirim maksimal 3 (tiga) naskah puisi, naskah diketik 1,5 spasi di kertas kuarto rangkap 4 (empat)," ujarnya.

Peserta lomba dapat mengirimkan naskah ke Panitia Batu Bedil Award (Festival Teluksemaka 2010), dengan alamat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tanggamus, kompleks Perkantoran Pemkab Tanggamus, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, 35384, paling lambat 10 November 2010 (cap pos). (*/S-2)

Sumber: Lampung Post, Kamis, 23 September 2010

No comments:

Post a Comment