September 13, 2010

Panjat Pinang dan Pesta Sekura Meriahkan Lebaran

KOTAAGUNG (Lampost): Ratusan pemuda Kabupaten Tanggamus menambah kemeriahan Idulfitri 1431 Hijriah dengan mengadakan acara panjat pinang dan pesta sekuraan (pesta topeng seribu wajah). Kegiatan ini merupakan ajang warga setempat untuk mencari jodoh.

Dari pantauan Lampung Post, Minggu (12-9), acara itu juga digelar di beberapa lokasi di Tanggamus, seperti di Pekon Kotaagung, Kecamatan Kotaagung; Pekon Kandangbesi dan Pekon Negarabatin di Kecamatan Kotaagung Barat. Kemudian, Pekon Banding dan Rajabasa di Kecamatan Bandarnegeri Semoung.

Selain itu, di sejumlah pekon di Kecamatan Semaka, semangat pemuda dalam mengangkat dan memeriahkan acara itu patut diacungkan jempol. Begitu pun dengan antusiasme warga sekitar yang menyaksikannya. Usaha keras atau perjuangan peserta panjat pinang kadang-kadang terlihat lucu dan sangat menghibur warga yang menyaksikannya.

Perjuangan peserta panjat pinang itu juga mewakili keceriaan warga yang tergambar saat berlebaran.

"Panjat pinang ini sudah menjadi tradisi bagi warga adat Lampung pesisir setiap merayakan Lebaran. Selain sebagai ungkapan sukacita, kegiatan ini juga sebagai bentuk silaturahmi antarwarga serta sarana mencari jodoh bagi muli dan mekhanai," kata Roby (27), panitia di Kecamatan Kotaagung Barat.

Menurut dia, baik Idulfitri maupun Lebaran Haji, panjat pinang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat setempat. Seolah-olah Lebaran tidak lengkap tanpa panjat pinang. "Walaupun bermodalkan dana sumbangan masyarakat dan pengendara kendaraan yang melewati lokasi panjat pinang dan dengan segala keterbatasan persiapan, acara ini tetap meriah," kata dia. (UTI/D-3)

Sumber: Lampung Post, Senin, 13 September 2010

No comments:

Post a Comment