December 18, 2012

"Gebyar Pesona Lumbok Ranau" Tingkatkan Ekonomi Warga

WAKIL Bupati Lampung Barat Provinsi Lampung, Makmur Azhari, mengharapkan "Gebyar Pesona Lumbok Ranau" mampu menjadi sarana mendorong peningkatan ekonomi masyarakat daerah itu.

"Promosi wisata melalui kegiatan ini jangan hanya gelaran seremonial saja, tetapi harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat di sini," ujar Wakil Bupati Lampung Barat itu, di Liwa, Selasa.


Kabag Humas dan Protokol Pemkab Lampung Barat, Burlianto Eka Putra, saat dihubungi dari Bandarlampung menjelaskan bahwa "Gebyar Pesona Lumbok Ranau" berlangsung Minggu (16/12) sampai dengan Senin (17/12) di Pekon (Desa) dan Kecamatan Lumbok Seminung.

Kegiatan tersebut telah berlangsung untuk kelima kalinya.

Atraksi seni "Bedikekh", yakni menabuh alat musik hadra sambil menjaga keseimbangan di atas perahu jukung dengan pemandangan hamparan Danau Ranau membuka kegiatan itu.

Kegiatan lain untuk memeriahkan acara itu, antara lain lomba perahu hias, tarik tambang jukung, bakar ikan dan masu (berburu) babi serta berbagai gelar kebudayaan yang biasa dilakukan masyarakat setempat.

"Kegiatan tersebut merupakan salah satu event yang dilakukan dalam mempromosikan keindahan Danau Ranau," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Barat, Ujang Misron.

"Gebyar Pesona Lombok Ranau" menurut dia pula, telah mengenlakan potensi dan keindahan Danau Ranau kepada masyarakat di luar Lampung Barat.

Dalam melaksanakan kegiatan tersebut, kata Ujang lagi, pihaknya selalu bekerjasama dengan masyarakat setempat yang tergabung dalam wadah Masyarakat Peduli Danau Ranau.

"Untuk kesuksesan kegiatan tersebut, kami selalu bekerjasama dengan masyarakat sekitar yang tujuannya untuk lebih meningkatkan peran serta masyarakat dalam meningkatkan kunjungan wisatawan," ujar ujang.

Wakil Bupati Lampung Barat Makmur Azhari menyatakan pula, apabila Lumbok yang berada di sekitar Danau Ranau sudah menjadi daerah kunjungan wisata, secara otomatis akan membuka peluang usaha bagi masyarakat setempat.

"Jadikan kegiatan tersebut sebagai momen kebangkitan dunia wisata di Lampung Barat, khususnya di Lumbok Ranau, sehingga akan menjadi lahan usaha baru bagi masyarakat," ujar Makmur mengharapkan.

Sumber: Antara, Selasa, 18 Desember 2012

No comments:

Post a Comment