November 27, 2010

LAF 2010: Baca Puisi Bahasa Lampung Digelar

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Lomba baca puisi bahasa Lampung karya-karya Udo Z. Karzi dalam bukunya, Mak Dawoh Mak Dibingi, digelar di Taman Budaya Lampung hari ini (27-11). Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan Lampung Arts Festival (LAF) yang ditaja Dewan Kesenian Lampung (DKL).

Koordinator lomba Arman A.Z., Jumat (26-11), mengatakan hingga sore, peserta yang sudah mendaftar sebanyak 26 orang. Para peserta itu dari pelajar SMA se-Provinsi Lampung. "Tidak menutup kemungkinan hingga esok pagi (hari ini, red) peserta akan bertambah," kata dia.

Arman menjelaskan dipilihnya puisi-puisi berbahasa Lampung karya Udo Z. Karzi merupakan bentuk kepedulian DKL untuk memasyarakatkan puisi dalam bahasa Lampung. "Lomba ini diharapkan dapat memberi stimulan bagi para pelajar untuk mempelajari bahasa dan sastra Lampung," kata dia.

Sementara itu, Ketua Panitia LAF Syaiful Irba Tanpaka, mewakili Ketua Umum DKL Sjafariah Widianti, pada rangkaian LAF ini telah dipentaskan berbagai kesenian, baik musik, tari, sastra, dan cangget bakha. "Pentas seni sudah dilaksanakan di Teater Tertutup Taman Budaya Lampung pada Kamis (25-11)," ujarnya.

Pentas seni menampilkan seni tari dari Kabupaten Tanggamus, Pringsewu, Lampung Utara, dan Kota Bandar Lampung. Selain itu, ada juga pembacaan cerpen pemenang Krakatau Award 2010, Benny Arnas, dari Lubuklinggau, serta cangget bakha.

"Kami juga mengundang penyair Fitri Yani untuk membacakan puisi pada malam pembukaan di Mahan Agung pada Rabu (24-11) malam dan tari dari Lampung Utara," ujar Syaiful.

Sekretaris Umum DKL Hary Jayaningrat berharap kesuksesan LAF 2010 ini bisa dijadikan sandaran untuk kegiatan serupa pada tahun-tahun mendatang.

Dia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya kegiatan ini, seperti pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Lampung, Dewan Kesenian Provinsi se-Indonesia, Adolof Ayatullah Indrajaya, Nyomar Arsana, media cetak, elektronik, sanggar seni, serta seniman dan budayawan Lampung.

"Karena bantuan itu semua, LAF ini bisa terlaksana dengan sukses," kata Hary. (MG13/K-1)

Sumber: Lampung Post, Sabtu, 27 November 2010

No comments:

Post a Comment