July 28, 2008

Pelajar, Mahasiswa Diasah Membuat Cerpen

BANDAR LAMPUNG (Lampost/Ant): Para pelajar dan mahasiswa di Lampung, di antaranya finalis dan peserta pemilihan duta bahasa Provinsi Lampung tahun 2008, diasah memiliki kemampuan menulis artikel dan membuat karya sastra (cerpen dan puisi).

Peningkatan apresisasi dan motivasi menulis pelajar dan mahasiswa Lampung itu, menurut Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung (KBPL), Agus Sri Danardana, di Bandar Lampung, pekan lalu, dapat memberikan bekal kemampuan praktis menulis bagi mereka sekaligus menumbuhkan apresiasi karya sastra yang bermutu.

"Mereka memiliki potensi untuk menjadi penulis artikel di media massa maupun penulis cerita pendek dan karya puisi yang baik," kata Danardana.

Rangkaian kegiatan untuk mengasah kemampuan menulis para duta bahasa daerah Lampung maupun para pelajar dan mahasiswa di daerah itu, di antaranya melalui Wisata Bahasa dengan pelatihan penulisan opini dan features, lomba menulis opini dan features, serta Bengkel dan Kemah Sastra.

Wisata bahasa diakhiri dengan kunjungan sekaligus sosialisasi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di objek wisata Pusat Latihan Gajah (PLG) Way Kambas di Kabupaten Lampung Timur, Minggu (20-7), sekaligus mengumumkan para juara lomba menulis.

Kegiatan lanjutan berupa rangkaian Bengkel dan Kemah Sastra dipusatkan di halaman KBPL di Bandar Lampung, Selasa--Kamis (22--24-7), diikuti 45 pelajar dan mahasiswa.

Dalam Bengkel dan Kemah Sastra itu, peserta diberikan pembekalan materi penulisan cerita pendek (cerpen) dan apresiasi cerpen untuk kemudian dapat menulis dan akan dilombakan (lomba baca puisi dan baca cerpen).

Sepuluh cerpen terbaik dari peserta akan diikutikan pada lomba dalam kegiatan serupa di Jakarta pada Oktober 2008 dalam memeriahkan peringatan Bulan Bahasa tahun 2008.

Menurut Danardana, potensi menulis pada diri para pelajar dan mahasiswa di Lampung perlu terus diasah, sekaligus sebagai bagian kampanye penggunaan bahasa Indonesia baik dan benar yang dapat langsung diterapkan mereka melalui tulisannya.

Bagi para duta bahasa daerah Lampung, kemampuan menulis itu diharapkan menjadi pelengkap aktivitas mereka terus menyebarluaskan penggunaan bahasa Indonesia di tengah masyarakat. n S-1

Sumber: Lampung Post, Senin, 28 Juli 2008

No comments:

Post a Comment