July 8, 2008

Harimau NAD Tak Akan Dikembalikan

Bandar Lampung, Kompas - Menteri Kehutanan MS Kaban menegaskan, lima harimau sumatera atau Panthera tigris sumatrae yang dipindahkan dari Nanggroe Aceh Darussalam ke Lampung pada 27 Juni 2008 tidak akan dikembalikan ke tempat asalnya. Alasannya, habitat harimau sumatera di Aceh sudah sangat rusak, sehingga tidak layak untuk pelestarian harimau.

Demikian penegasan tersebut disampaikan Menteri Kehutanan MS Kaban dalam kunjungan kerja ke Bandar Lampung untuk meresmikan pos keamanan hutan di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Wan Abdul Rachman di Gunung Betung, Bandar Lampung, Senin (7/7), menanggapi permintaan Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) Irwandi Yusuf supaya kelima harimau sumatera tersebut dikembalikan ke NAD.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Menteri Kehutanan MS Kaban bahkan menegaskan, apabila Gubernur NAD bersikeras supaya kelima ekor harimau itu dikembalikan, Menteri mempersilakan Gubernur untuk mengambil sendiri kelima ekor harimau tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Perlindungan Hutan dan Kelestarian Alam (PHKA) Departemen Kehutanan Daruri mengatakan, kelima ekor harimau tersebut sudah ditangkap oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NAD sejak delapan bulan yang lalu.

Selama delapan bulan dalam pengawasan BKSDA NAD, BKSDA sama sekali tidak memiliki anggaran untuk pakan harimau- harimau tersebut.

”Justru kami mendapat bantuan pembiayaan pakan dari LSM, bukan dari anggaran kami sendiri,” tutur Daruri.

Pemindahan kelima ekor harimau ke Tampang Belimbing, wilayah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) di Lampung Barat, lanjut Daruri, sudah melalui survei. Di kawasan tersebut, habitat harimau masih terpelihara dan alami. Sumber pakan harimau, seperti rusa samber, juga masih banyak, sedangkan habitat harimau di Aceh terpantau sudah sangat rusak.

Rusaknya habitat harimau di hutan tropis Aceh terpantau dari tingginya konflik manusia-harimau di Aceh dalam delapan bulan terakhir. (hln)

Sumber: Kompas, Selasa, 8 Juli 2008

1 comment:

  1. Anonymous9:47 AM

    mungkin harimau nya yg nda mau dikembalikan ya....

    ReplyDelete