July 21, 2008

Yuni Angraini dan Dian Atika Srikandi Juara Menulis Wisata Bahasa

Way Kambas, Lampung Timur, 21/7 (ANTARA) - Yuni Anggraini dan Dian Atika Srikandi menjadi juara pertama pada lomba menulis opini dan features yang diselenggaran pada rangkaian wisata bahasa oleh Kantor Bahasa Provinsi Lampung (KBPL) tahun 2008.

Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah dilakukan di objek wisata Pusat Latihan Gajah (PLG) Way Kambas, di Karang Sari, Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, Minggu petang.

Menurut Ketua Panitia Wisata Bahasa KBPL, Danang Harry Wibowo, lomba penulisan untuk dua kategori (opini dan features) itu diikuti 30 finalis Duta Bahasa Provinsi Lampung dan peserta pemilihan duta bahasa daerahna.

Dewan Juri yang menilai sebanyak 37 buah karya yang masuk, dengan menetapkan kelayakan karya tulis peserta dari aspek dan kriteria tulisan ilmiah populer di media massa serta penilaian aspek kebahasaan di dalamnya.

Juri akhirnya memutuskan untuk kategori tulisan opini sebagai juara pertama Yuni Anggraini, dengan judul tulisan "Bahasa Lampung Terancam Punah".

Juara kedua adalah Mas Muhammad Gibran (juara pertama duta bahasa pria daerah Lampung 2008), dengan judul tulisan "HIV/AIDS Versus Narkoba", dan juara ketiga Reza Parluvi dengan tulisan "Bantuan Langsung Tunai (BLT), Sogokan atau Bantuan?".

Pada kategori tulisan features, juri menetapkan juara pertama Dian Atika Srikandi, dengan tulisan "Orang Kenyang Aku Senang", juara kedua Rebecca Gatan (juara pertama duta bahasa perempuan Lampung 2008) dengan tulisan "Sketsa Kehidupan".

Juara ketiga tulisan features adalah Angky Verdian Diputra dengan judul tulisan "Eksotika Keindahan Danau Ranau".

Lomba penulisan ilmiah populer itu, sebelumnya didahului dengan pelatihan yang menghadirkan instruktur jurnalis dan ahli bahasa di Lampung.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung (KBPL) Agus Sri Danardana menyatakan, para finalis dan peserta pemilihan duta bahasa di daerahnya tahun 2008 itu, perlu terus dibekali ilmu praktik kebahasaan dan tulis menulis yang akan berguna bagi mereka.

KBPL melaksanakan Wisata Bahasa, diantaranya membekali kemampuan praktis menulis para duta bahasa serta mempraktikkan dan melombakan karya tulis yang dihasilkan.

Pengumuman pemenang lomba dirangkai dengan wisata serta sosialisasi bahasa Indonesia kepada para pengunjung PLG Way Kambas di Kabupaten Lampung Timur itu.

Sumber: Antara, 21 Juli 2008

No comments:

Post a Comment