July 24, 2008

Kantor Bahasa Gelar Kemah Sastra

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kantor Bahasa Provinsi Lampung menggelar kemah sastra pada 22--24 Juli. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Kompleks Pemprov Lampung.

Ketua Panitia Ferdinandus Moses dan Mamad Ahmad didampingi salah satu panitia Rahmat Idris, mengatakan kegiatan ini bertujuan menumbuhkan kecintaan siswa maupun guru terhadap sastra. Siswa dan guru yang berasal dari 17 SMA di Lampung menginap di Kantor Bahasa. Mereka mengikuti berbagai kegiatan yang berkaitan dengan bahasa dan sastra. Kegiatan tersebut antara lain diisi materi bahasa dan sastra oleh Agus Sri Danardhana. Motivasi menulis oleh A.M. Zulkarnaen, teknik penulisan cerpen oleh Arman A.Z. dan apresiasi sastra dengan pemateri Asarpin.

Rahmat Idris mengatakan kegiatan ini diikuti 17 sekolah, terdiri dari tujuh sekolah asal kabupaten/kota di luar Bandar Lampung. Kemudian, 10 sekolah asal Bandar Lampung. "Melalui kegiatan ini kami berharap rasa cinta terhadap sastra di antara siswa dan guru tumbuh subur, sehingga sastra di Lampung tumbuh subur," kata dia.

Sebab, selama ini disinyalir rasa kecintaan dan kesukaan siswa dan guru terhadap sastra mulai menurun. Hal itu bisa dilihat dari minimnya karya sastra di kalangan siswa belakangan ini. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, diharapkan rasa cinta siswa terhadap sastra kembali tumbuh dan mekar bersemi.

Rahmat mengatakan selain kegiatan pada siang hari pada malam hari, panitia juga menggelar berbagai kegiatan olah sastra. Kegiatannya antara lain lomba pembuatan akhir cerita, lomba membaca puisi, lomba mendongeng untuk guru, dan lomba berbalas pantun. Kemudian, pada malam terakhir akan digelar renungan sastra. "Semua acara untuk malam hari dipandu oleh sastrawan Edy Samudra Kertagama," kata dia.

Rahmat mengatakan pihaknya mengundang 62 peserta. Namun, hingga pukul 12.00 kemarin siang, baru 50 peserta yang hadir. Pihaknya berharap semua peserta yang diundang bisa berpartisipasi mengikuti acara ini. Sedangkan teknis kegiatan, untuk peserta putra menginap di tenda yang disiapkan panitia. Sedangkan peserta putri menginap di ruangan Kantor Bahasa. n UNI/S-1

Sumber: Lampung Post, Kamis, 24 Juli 2008

No comments:

Post a Comment