July 31, 2008

Pustaka: Pemerintah Setengah Hati soal Perpusda

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemerintah dinilai setengah hati mengelola Perpustakaan Daerah (Perpusda). Buktinya, selain manajemen kurang bagus, koleksi buku juga minim.

Ketua Harian Komunitas Minat Baca Indonesia (KMBI), Gunawan Handoko, mengungkapkan hal itu pada Seminar Pengembangan Minat Baca dan Pemanfaatan Internet dalam Dunia Pendidikan, di Pondok Rimbawan, Selasa (29-7). Seminar dihadiri oleh seratus pustakawan, diselenggarakan oleh Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Provinsi Lampung.

Menurut dia, perpustakaan seharusnya menjadi tempat bagi pelajar dan masyarakat mencari referensi/literatur untuk tugas belajar, serta menambah wawasan dan pengetahuan dengan membaca buku.

"Coba saja kita lihat ke Perpusda (Perpustakaan Daerah, red), buku yang paling banyak itu buku-buku prajabatan. Sedangkan buku teks pelajaran dan buku umum sangat sedikit," kata Gunawan

Ia mengharapkan Perpustakaan Daerah, selain menyediakan koleksi buku yang lengkap, juga harus menyediakan fasilitas lain untuk merangsang minat baca pengunjung. Misalnya, dengan menyediakan fasilitas internet yang bebas diakses oleh pengunjung.

"Kalau membaca itu kan membosankan, berat. Nah, kalau ada internet atau buku digital kan lebih menarik, pengunjung tidak bosan," kata Gunawan.

Perpustakaan Maya

Sedangkan pemateri dari ICT Center, Harry Anggono, menawarkan salah satu alternatif untuk menarik minat baca pelajar dan mahasiswa, dengan menciptakan perpustakaan maya (perpustakaan digital).

Menurut dia, perpustakaan maya memiliki koleksi artikel, buku dan jurnal tidak terbatas jumlahnya. Pustaka maya tidak hanya menampilkan teks, tapi juga gambar, video, serta animasi. Bahkan, simulasi yang paling rumit pun bisa disajikan dengan baik.

Hal ini memudahkan pembaca atau pengunjung memahaminya. Selain itu, perpustakaan maya juga bisa menjadi dokumentasi bagi guru saat mengajar. Pelajaran bisa diulang-ulang, tanpa menghabiskan energi guru saat pembelajaran berlangsung. Perpustakaan maya itu bisa dirancang dengan sederhana.

Sehingga, tidak hanya bisa digunakan di perpustakaan daerah, tetapi juga untuk perpustakaan sekolah. Dengan modal dua hard disk komputer dan, beberapa monitor, guru dan siswa bisa mengakses 704 CD pembelajaran dan sumber-sumber belajar lain.

"Kalau guru atau siswa selalu men-download lewat internet, cost-nya kan mahal. Agar murah, bisa disiasati dengan men-download sebanyak-banyaknya CD dan buku teks pelajaran, simpan di satu server," kata Harry. Selanjutnya, pihak sekolah menghubungkan server tersebut ke beberapa monitor untuk diakses oleh siswa.

Di sisi lain, bertalian dengan buku elektronik yang hak ciptanya telah dibeli pemerintah, sampai saat ini Dinas Pendidikan Provinsi Lampung belum melakukan sosialisasi tentang buku tersebut.

Koordinator Humas Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Bambang Joko mengatakan Mendiknas meminta Dinas Pendidikan Provinsi Lampung menunggu peluncuran buku elektronik pada 2 Agustus mendatang. Informasi itu dia peroleh saat mendampingi Hery Suliyanto (mantan Kadis Pendidikan Lampung, red) dalam rapat koordinasi tingkat nasional, dua bulan lalu.

"Bagaimana selanjutnya setelah peluncuran itu nanti. Sampai sekarang kami belum menerima edaran atau juknis tentang buku elektronik tersebut," kata Bambang Joko saat ditemui di kantornya, Selasa (29-7).

Sebelumnya, Mendiknas Bambang Sudibyo mentargetkan 289 buku pelajaran SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK yang sudah dibeli hak ciptanya oleh pemerintah bisa diakses (situs http://bse.depdiknas.go.id) sebelum masuk ajaran tahun baru. Sehingga, buku elektronik itu bisa didownload oleh guru dan siswa untuk difotokopi atau dicetak dengan harga yang lebih murah, berkisar Rp4.452 dan Rp19.376.

Namun sayang, walaupun buku sudah bisa disearching di situs milik Depdiknas itu, beberapa guru mengaku kesulitan mendownload buku-buku tersebut. Seperti yang dikatakan guru SMKN 2 Bandar Lampung, Harry Anggono. Menurut Harry, sampai kemarin dia hanya bisa mendowload sekitar 90 buku tek pelajaran yang tersedia di buku elektronik. n RIN/S-1

Sumber: Lampung Post, Kamis, 31 Juli 2008

2 comments:

  1. Artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://buku.infogue.com/pustaka_pemerintah_setengah_hati_soal_perpusda

    ReplyDelete
  2. kunjungi link kami http://buaypernong.blogspot.com/

    ReplyDelete