August 1, 2008

Wisata: Lambar akan Gelar Festival Stabas

LIWA (Lampost): Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat siap menggelar Festival Teluk Stabas (FTS) XI, 4--8 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gatot Hudi Utomo mengatakan secara umum persiapan sudah matang dan tidak ada kendala untuk dilaksanakan sesuai jadwal tersebut.

"Kalender event pariwisata Lampung Barat tersebut pada tahun ini dikemas sedemikian rupa sehingga betul-betul menarik. Salah satunya adalah pawai budaya yang mengangkat kekhasan budaya masyarakat Lampung Barat yang spektakuler," kata dia, Selasa (29-7).

Untuk memaksimalkan dan menjual semua rangkaian kegiatan FTS yang menurut rencana dibuka Gubernur Lampung Syamsurya Ryacudu tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lambar juga mengundang pihak-pihak agen travel and tourism yang ada di Bandar Lampung, bahkan di luar Lampung.

Salah satu kegiatan spektakuler pada acara pembukaan adalah suguhan 1.010 gelas minuman khas Lampung Barat yang saat ini hampir ditinggalkan, padahal minuman tersebut banyak diminati. "Minuman ini khas Lampung Barat. Pada acara pembukaan akan kami suguhkan kepada undangan dan masyarakat."

Waktu dan jenis kegiatan yang akan dilombakan dan disajikan di Lapangan Merdeka Liwa, atraksi sekura, tari massal, pawai budaya daerah, kesenian tradisional, lomba tari kreasi Lampung, pelangi budaya Nusantara, lomba lagu Lampung, lomba jelajah alam TNBBS, ekshibisi arung jeram (Sumberjaya), olahraga tradisonal, lomba layang-layang, lomba voli pantai, dan juga pasar malam di Pantai Lahuhan Jukung, Krui.

"Khusus untuk Pelangi Budaya Nsantara, merupakan partisipasi masyarakat Lampung Barat dari berbagai etnis dan suku. Bentuknya sajian budaya masing-masing."

Gatot mengatakan untuk suksesnya pesta rakyat Lampung Barat yang dilaksanakan setiap tahun itu, pihaknya berupaya all out dan mengerahkan segenap kemampuan, sehingga selalu ada inovasi dan peningkatan kualitas kegiatan.

Sementara terkait dengan program Visit Indonesia Year tahun ini, dan Visit Lampung Year tahun 2009, diharapkan FTS kali ini memberikan kesan positif dan mampu menarik wisatawan untuk datang ke Lampung Barat. Bahkan melalui agen travel and tourism, pihaknya juga mencoba mengundang dan mengajak penulis khusus pariwisata. n HEN/D-1

Sumber: Lampung Post, Jumat, 1 Agustus 2008

No comments:

Post a Comment