August 24, 2008

Festival Krakatau: Lampung Targetkan 1,2 Juta Wisatawan

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemerintah Provinsi Lampung menargetkan kunjungan 1,2 juta wisatawan domestik dan 24 ribu wisatawan mancanegara dalam program Visit Lampung 2009.

FESTIVAL KRAKATAU. Gubernur Lampung Syamsurya Ryacudu mengulurkan sehelai kain simbol Festival Krakatau kepada seekor gajah pada pembukaan Festival Krakatau XVII di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Sabtu (23-8). Kegiatan rutin tahunan ini akan berlangsung sampai 31 Agustus 2008. (LAMPUNG POST/ZAINUDDIN)

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung, M. Natsir Ari, pada pembukaan Festival Krakatau XVIII di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Sabtu (23-8). "Target kunjungan dalam Visit Lampung 2009 adalah 1,2 juta wisatawan domestik dan 24 ribu dari mancanegara," kata Natsir Ali.

Natsir mengatakan dalam FK XVII akan dimulai program Krakatau Travel Exchange yang ditandai penandatanganan kontrak bisnis para pemangku kepentingan bidang pariwisata dan operator wisata dalam dan luar negeri pada 25 Agustus mendatang. Natsir mengatakan program Krakatau Travel akan memberi banyak kenyamanan dan kemudahan bagi wisatawan saat mengunjungi Lampung. "Hal ini berdampak positif pada peningkatan PAD," kata Natsir yang juga ketua panitia FK XVIII.

Saat membuka FK XVIII, staf ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Energi, Titin Sukarya, mewakili Menteri Pariwisata Jero Wacik mengatakan pemerintah daerah harus terus mempromosikan pariwisata di daerah untuk memperkenalkan potensi wisata. Titin mengatakan FK merupakan bagian dari Tahun Kunjungan Indonesia atau Visit Indonesa 2009. Selain FK masih terdapat tiga event lain di Lampung yang masuk agenda Visit Indonesia 2009, yakni Festival Begawi, Festival Teluk Stabas, dan Festival Way Kambas.

Menurut Titin, pada Visit Indonesia 2009, pemerintah menargetkan tujuh juta wisatawan domestik dan mancanegara. "Devisa yang dihasilkan sekitar 6,7 miliar dolar AS," kata Titin.

Sementara, Gubernur Lampung Syamsurya Ryacudu mengatakan FK akan menjadi momentum pengembangan usaha jasa pariwisata, meningkatkan arus kunjungan wisata, dan meningkatkan citra pariwisata Lampung. Gubernur berharap objek wisata juga akan berkembang sehingga mendukung pelestarian budaya dan adat Lampung. "Hal tersebut tentunya akan meningkatkan iklim investasi yang berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat," ujar Syamsurya.

Pembukaan FK XVII dihadiri para duta besar negara-negara Eropa dan Asia. Acara dibuka pukul 14.30 itu menyuguhkan tarian kolosal Gelegar Krakatau, tarian tambur Nusantara dari Ikatan Keluarga Minang, dan tarian dari 11 kabupaten/kota se-Lampung. Atraksi gajah menjadi suguhan khas untuk para undangan.

FK XVIII yang berlangsung hingga 31 Agustus 2008 akan dimeriahkan beberapa acara lain, lomba cipta lagu daerah Lampung, pergelaran tari kreasi daerah Lampung, Pemilihan Muli-Mekhanai Lampung 2008, lomba memancing tradisional dan pesta rakyat, Kiluan Fishing Week, Festival Layang-Layang Internasional, Krakatau Night, Tour Krakatau, Lampung Expo 2008, pergelaran seni budaya, Krakatau Travel, serta nikah massal di atas truck trailer. n */U-1 (Padli Ramdan)

Sumber: Lampung Post, Minggu, 24 Agustus 2008

No comments:

Post a Comment