August 20, 2008

Pustaka: Surya Paloh Luncurkan Buku '100 Tokoh Lampung'

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemimpin Media Grup Surya Paloh meluncurkan buku 100 Tokoh Terkemuka Lampung di Graha Wangsa Bandar Lampung, malam ini (20-8). Buku yang diterbitkan PT Masa Kini Mandiri, perusahaan penerbitan harian umum Lampung Post merupakan kado ulang tahun ke-34 surat kabar terbesar di Lampung ini.

Ketua Tim Penulis Buku 100 Tokoh Terkemuka Lampung Heri Wardoyo mengatakan kebangkitan nasional dalam momentum 100 tahun pada 20 Mei 1908--2008 memberikan makna tersendiri bagi bangsa Indonesia. "Tekad ingin bangkit dari ketertinggalan, menjadikan semangat hidup 'Indonesia Bisa'," kata Heri saat konferensi pers bersama sejumlah wartawan media cetak dan elektronik di Rumah Makan Istana Kuring, Selasa (19-8).

Menurut dia, dalam memaknai 100 tahun Kebangkitan Nasional dan ulang tahun ke-34 Lampung Post, harian yang berada di bawah bendera Media Group (Media Indonesia dan Metro TV) ini ingin menorehkan sejarah di bumi Ruwa Jurai agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang.

Sedangkan parameter tokoh yang masuk menjadi 100 orang terkemuka itu, menurut Heri, di antaranya lahir dan besar di Lampung, mempunyai reputasi nasional dan internasional, serta memberikan inspirasi. "Juga mempunyai pengaruh di masyarakat serta dikenal luas."

Wakil Ketua Panitia HUT Lampung Post Sabam Sinaga menambahkan untuk menghindari "sesat" persepsi, pihaknya mengundang tim independen yang berasal dari luar. Mereka adalah Dekan FKIP Unila Prof. Dr. Sudjarwo, M.S., dan dua wartawan, yakni Oyos Saroso H.N. dan Firman Sponada.

Menurut Sabam, yang juga wakil pemimpin redaksi Lampung Post, sebelum menjadi sebuah buku, 100 tokoh Lampung diterbitkan dalam edisi koran pada 29 Mei 2008.

Sedangkan Ketua Panitia HUT Lampung Post Kholid Lubis menjelaskan untuk peluncuran dan peringatan HUT itu, pihaknya telah merancang sebuah acara spektakuler bagi masyarakat Lampung. Acara tersebut akan dihadiri Pimpinan Media Group Bapak Surya Paloh, Gubernur Lampung Syamsurya Ryacudu, sejumlah tokoh nasional dan daerah dengan undangan 1.300 orang dari berbagai elemen masyarakat. "Pada malam peluncuran itu juga Lampung Post menampilkan musik bernuansa etnik asli Lampung." n AAN/U-2

Sumber: Lampung Post, Rabu, 20 Agustus 2008

No comments:

Post a Comment