August 15, 2008

Wisata: Promosikan 'Krakatau Exchange'

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Festival Krakatau XVIII 2008 menawarkan perjalanan ke Krakatau kepada semua wisatawan lokal dan mancanegara. Ini dilakukan untuk menyukseskan program visit Lampung 2009 dengan tema Your second home.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lampung M. Natsir Ari mengungkapkan hal itu dalam konferensi pers Festival Krakatau di aula kantornya, Kamis (14-8). Menurut dia, pihaknya akan menandatangani memorandum of understanding (MoU) antara operator tur dan para pengusuha pariwisata untuk menyukseskan travel Krakatau exchange, 25 Agustus mendatang.

"Pada akhirnya tidak ada lagi anggapan Festival Krakatau adalah pestanya para birokrat. Festival ini akan lebih merakyat," kata Natsir.

Kemudian, kata dia, adanya perjalanan ke Gunung Krakatau atau travel Krakatau exchange nantinya dapat didukung dengan jalur penerbangan baru. Misalnya Lampung--Batam, Lampung--Kuala Lumpur, tanpa harus ke Jakarta lebih dahulu. "Ini menjadi target Pemprov menembus jalur penerbangan baru itu."

Konferensi pers itu juga dihadiri Konsultan Festival Krakatau Nicoulas Lumanaum dari Consultant ETSDC dan Presiden Direktur Arie Tour Zein Ginting.

Zein mengatakan tur Krakatau dalam Festival Krakatau menjadi salah satu promosi wisata untuk memperkenalkan travel Krakatau exchange yang akan dilaksanakan nanti. Perjalanan wisata itu diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Lampung sehingga menaikkan pariwisata Lampung. Travel Krakatau akan dipermudah dengan adanya operator tur.

Perjalanan dimulai menggunakan kapal feri ke Kalianda Resort dilanjutkan ke Bakauhheni dan ke Gunung Anak Krakatau serta pendakian di gunung itu. "Selama di perjalanan, para peserta tur akan disuguhkan atraksi sepeti paramotor melintasi Krakatau dan ritual Krakatau," kata dia.

Pada Festival Krakatau tahun ini Zien menjelaskan akan diikuti 35 operator tur dari dalam dan luar negeri. Sekitar 15 operator tur dari negara tetangga Singapura dan Malaysia sehingga akan mempermudah wisatawan memilih hotel, penerbangan, dan tidak akan disibukkan dengan keberadaan guide. "Karena semuanya telah disediakan operator tur."

Acara dalam Festival Krakatau akan digelar pada 23--31 Agustus 2008. Rangkaian Festival Krakatau terdiri atas Kilauan Fishing Week pada 16--18 Agustus 2008, Festival Layang-Layang Internasional di Kalianda Resort pada 22--24 Agustus, dan Krakatau Night pada 23 Agustus 2008. Kemudian Krakatau Jetski, Ritual Krakatau, dan Tur Krakatau dilaksanakan pada 24 Agustus 2008. Sementara itu, atraksi paramotor, Krakatau Off Road, Lampung Expo, serta nikah massal digelar 30 Agustus 2008. n */K-3 *(Padli Ramdhan)

Sumber: Lampung Post, Jumat, 15 Agustus 2008

No comments:

Post a Comment