August 3, 2008

Wisata: Pemprov Siapkan Festival Krakatau 2008

BANDAR LAMPUNG--Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung siap menggelar kegiatan primadona wisata Festival Krakatau (FK) ke-18 tahun 2008 pada 23--31 Agustus mendatang. Rangkaian acara FK yang puncaknya pada 23 Agustus dipusatkan di Pusat Kebudayaan dan Olahraga (PKOR) Way Halim, Bandar Lampung.

Acara pembukaan diramaikan kolaborasi sendra tari, atraksi gajah, marching band, pawai budaya, serta rangkaian kegiatan seremonial lainnya.

Kegiatan selama FK ke-18 itu di antaranya Pesona Krakatau (Krakatau Night) berupa apresiasi pesona budaya Lampung (23-8), dipusatkan di Hotel Bukit Randu Bandar Lampung, dan Jetski (24-8) di Kalianda Resort, Lampung Selatan. Di Gedung Sumpah Pemuda Kompleks PKOR Way Halim Bandar Lampung, digelar pula Krakatau Festival Tourism, 23--28 Agustus 2008.

Pada 28 Agustus 2008 digelar Tour Krakatau, dengan pelayaran menggunakan kapal cepat maupun kapal feri ke gugusan Anak Gunung Krakatau di Selat Sunda, Lampung Selatan, serta ritual Krakatau di sekitar anak gunung berapi yang induknya meletus dahsyat pada Agustus 1883.

Rangkaian kegiatan lainnya adalah Krakatau Off Road di Kalianda Resort Lampung Selatan (29--31 Agustus), atraksi paramotor di Pulau Sebesi dan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda (24--25 Agustus), Lampung Expo 2008 dan Pesta Kesenian Lampung di Graha Wangsa di Bandar Lampung (26--31 Agustus).

Atraksi tuping (pesta topeng tradisional) dan Tambur Nusantara, juga akan digelar pada 25 Agustus 2008 di lapangan parkir GOR Saburai Bandar Lampung. Penutupan FK ke-18 dijadwalkan pada 31 Agustus 2008, di Graha Wangsa, Bandar Lampung.

Sebelum acara pembukaan FK itu, digelar pula kegiatan pendahuluan untuk meramaikannya, seperti Lomba Cipta Lagu Daerah Lampung di RRI Bandar Lampung (18--19 Juli), Pemilihan Muli-Mekhanai Lampung di Hotel Grand Anugerah Bandar Lampung (9--12 Juli), dan Pagelaran Lagu Pop Daerah Lampung di Hotel Sahid Bandar Lampung (25--26 Juli).

Kegiatan pendahuluan lainnya adalah Pergelaran Tari Kreasi Daerah Lampung di Taman Budaya Lampung di Bandar Lampung (27-7), memancing berupa lomba mancing tradisional dan pesta rakyat di Pulau Sebesi Lampung Selatan (1--3 Agustus), Kiluan Fishing Week di Teluk Kiluan, Kabupaten Tanggamus (16--18 Agustus), dan Fishing Competition di Pantai Ketapang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran (24-8). Digelar pula Festival Layang Layang Internasional, di Kalianda Resort, Lampung Selatan, 22--24 Agustus 2008.

Digelar pula Festival Layang Layang Internasional, di Kalianda Resort, Lampung Selatan, 22-24 Agustus 2008.

Gubernur Lampung Syamsurya Ryacudu telah minta panitia FK ke-18 di daerahnya itu, berbenah diri untuk menyelenggarakan kegiatan festival yang dapat menggali potensi sektor wisata di Lampung, dan tidak terjebak pada kegiatan seremonial yang menghabiskan dana APBD daerahnya semata.

Kalangan DPRD Lampung juga mendesak agar agenda FK yang rutin diselenggarakan Pemda Lampung itu mendapatkan dukungan dana cukup besar dari APBD daerahnya itu.

Diharapkan FK ke-18 itu dapat menghadirkan para turis mancanegara dan turis domestik, sekaligus dapat dirasakan langsung oleh masyarakat di daerah Lampung sendiri, bukan hanya diikuti oleh para pejabat dan kalangan terbatas saja.

Apalagi, FK itu menjadi rangkaian kegiatan untuk mendukung program Visit Indonesia Year 2008 dan Visit Lampung Year 2009, dengan target menjaring wisatawan datang ke Lampung lebih banyak lagi, sekaligus mempromosikan potensi wisata daerah Lampung. n ANT/P-1

Sumber: Lampung Post, Minggu, 3 Agustus 2008

1 comment:

  1. Marilah kita sebgai rakyat lampung ikut memeriahkan acara Festivalini. Kami, Splash Jetski Club yang bermarkas di Duta Wisata akan ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Kami akan memulai perjalanan tanggal 23 Agustus 2006 dari Pantai Duta Wisata-BAndar Lampung, menyusuri teluk lampung sampai Kalianda Resort. BAru keesokan harinya kami akan tour ke Gunung Krakatau.

    Wawan Splash Jetski Club

    ReplyDelete