August 21, 2008

Nuansa: Jadi Inspirasi

SAAT Provinsi Lampung gegap gempita dengan suasana kampanye Pemilihan Gubernur Lampung, Lampung Post punya gawe yang yang cukup menyedot perhatian publik daerah dan pusat. Bagaimana tidak, peluncuran buku 100 Tokoh Terkemuka Lampung yang berlangsung tadi malam menyebabkan seluruh kru Lampung Post sedikit lebih sibuk.

Rang-ring suara telepon tentang informasi lokasi peluncuran buku, hampir setiap detik diterima Lampung Post.

"Memang gila, kalau Lampung Post sudah buat gawean," kata teman saya.

Ya, memang gila. Ini adalah hasil karya awak Lampung Post yang spektakuler tahun 2008, bertepatan dengan tahun kebangkitan nasional yang ke-100.

Sebenarnya, saya melihat bukan megahnya kegiatan yang digagas Lampung Post di hari ulang tahunnya yang ke-34. Tapi, betapa kepedulian kru Lampung Post terhadap putra-putri terbaik Lampung yang sudah berbuat banyak demi kemajuan tanah lada. Baik pada tingkat nasional maupun tingkat internasional.

"Itulah yang saya katakan gilanya Lampung Post," kata teman saya lagi.

Teman saya pun mengatakan kalau terbitnya buku 100 Tokoh Terkemuka Lampung diyakini membangkitkan semangat keluarga tokoh yang ditulis Lampung Post. Semangat dalam arti bahwa perjuangan, jerih-payah, dan usaha anak, kakak, adik, kakek, nenek, buyut warga Sang Bumi Ruwah Jurai sangat dihargai. Sekalipun, mungkin, belum ada pengakuan dari penguasa, paling tidak, Lampung Post telah mengingat ratusan tokoh yang sudah berbuat banyak untuk Lampung.

Seorang pejabat di Lampung pun membuat kita dapat tersenyum merekah, sebagai koran tertua di Lampung, Lampung Post bukan hanya menunjukkan eksistensinya di dunia pers daerah. Tapi, mampu menjadi kiblat semua rujukan informasi yang ada di daerah, nasional, dan internasional. Semoga....

***

Pagi, sekitar pukul 09.00, kru redaksi Lampung Post yang biasanya memburu berita, sudah mulai disibukkan dengan deadline berita yang harus terbit esok harinya. Meskipun demikian, Lampung Post tetap memperhatikan berita yang akan terbit adalah berita aktual, terpercaya, dan banyak ditunggu masyarakat.

Sebab, selain disibukkan dengan pengemasan berita layak jual, kru Lampung Post tidak mau ketinggalan mengikuti momentum penting dalam sejarah Lampung. Peluncuran 100 Tokoh Terkemuka Lampung memberikan inspirasi bahwa daerah ini harus diperhitungkan di kancah nasional maupun internasional.

Bukti dari makin tersohornya Lampung di mata dunia, dengan dikenakannya pakaian adat Lampung pada Mennaken Pis, maskot Kota Brussel, Belgia.

Sehingga, sangatlah tepat jika di ulang tahunnya ke-34, Lampung Post meluncurkan sebuah karya tentang rekam jejak putra-putri terbaik Lampung dari masa-kemasa.

Semoga, apa yang dikerjakan Lampung Post hari ini, menjadi inspirasi bagi semua calon gubernur Lampung, yang sebagian masuk dalam buku 100 Tokoh Terkemuka Lampung.

Mengingat, apa yang diperjuangan cagub dalam menggapai kursi BE-1, bisa jadi akan menjadi inspirasi bagi Lampung Post untuk menerbitkan buku serial tokoh berikutnya. Semoga....

LUKMAN HAKIM

Sumber: Lampung Post, Kamis, 21 Agustus 2008

No comments:

Post a Comment