December 20, 2008

Hari ini Festival Way Kambas Dibuka

LABUHAN RATU (lampost): Hari ini (20-12), Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Iptek Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Titin Sukarya membuka Festival Way Kambas 2008 di Pusat Latihan Gajah Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Labuhan Ratu, Lampung Timur.

Pada Festival Way Kambas VIII tahun 2008, panitia menyuguhkan berbagai hiburan rakyat serta diramaikan dengan atraksi gajah jinak. Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lampung Timur Imam Juhdi, mendampingi Kepala Dinas Marinus Sinurat, mengatakan Festival Way Kambas VIII yang berlangsung dari tanggal 20--23 Desember itu, semula akan dibuka Menteri Kebudayaan dan Pariwiswata Jero Wacik. Karena Menteri berhalangan hadir, event tahunan Pemkab Lampung Timur itu dibuka Titin Sukarya, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Iptek Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Kemudian, setelah festival dibuka, acara dilanjutkan dengan peresmian tempat atraksi gajah atau teater indoor oleh Sapta Nirwanda, Dirjen Kebudayaan dan Pariwisata. Setelah itu, dilanjutkan dengan atraksi puluhan gajah terlatih asal TNWK.

Selain dihadiri sejumlah pejabat teras Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, festival juga akan dihadiri Sekretaris Provinsi Irham Djafar Lan Putra, sejumlah kepala dinas, serta bupati/wali kota.

Pada hari pertama Festival Way Kambas, kata Imam Juhdi, panitia mengemas sejumlah acara seperti lomba melukis dan mewarnai tingkat taman kKanak-kanak (TK) dan SD, atraksi reog ponorogo, fashion show, safari night, serta tari massal kolaborasi.

Pada hari kedua, panitia menggelar lomba musik, memancing, atraksi gajah serta konser musik dangdut yang menghadirkan kelompok artis Trio Macan. "Pada hari pertama dan kedua, yaitu Sabtu dan Minggu, semua kegiatan dipusatkan di PLG. Sedangkan, penutupan yaitu hari Rabu dipusatkan di Gedung Pusiban Sukadana," kata Imam Juhdi.

Dia mengatakan sebelum acara puncak hari ini, sejak beberapa hari lalu, panitia menggelar sejumlah kegiatan atau perlombaan seperti pemilihan muli-mekhanai, lomba lagu pop daerah Lampung, lomba sepeda air dan perahu dayung serta offroad, yang dimotori Ketua International Offroad Federation (IOC) Lampung Timur Noverisman Subing yang juga wakil bupati Lampung Timur.

Event yang diikuti puluhan peserta asal sejumlah provinsi itu, off roader asal Jakarta sukses meraih juara. Kemudian, pada ajang Way Kambas Idol, panitia berhasil menetapkan juara. Juara I Putra Billya Yoga asal Kecamatan Purbolinggo, juara II Simon Dasa Putera asal Kecamatan Bandar Sribhawono, dan juara III Odang Sujono asal Kecamatan Sukadana.

Sedangkan, kelompok Putri, juara I dinobatkan kepada Stevany A.P. asal Purbolinggo, juara II Mardiyanti asal Sekampung, dan juara III Alhadun asal Way Bungur. "Alhamdulillah, semua rangkaian acara atau perlombaan berjalan sukses dan panitia berhasil menetapkan pemenang," kata Imam Juhdi yang juga didampingi Akbar, panitia lainnya.

Dia menambahkan, pada Festival Way Kambas tahun ini akan dihadiri sedikitnya 20 wisatawan asing asal sejumlah negara. Selain menyaksikan

berbagai kegiatan termasuk atraksi gajah, wisatawan mancanegara itu juga akan disuguhkan prosesi adat yang akan digelar di Sukadana.

"Sebelum meluncur ke arena festival, wisatawan mancanegara itu akan disuguhkan prosesi adat yang digelar di Sukadana," kata dia. n DIN/D-3

Sumber: Lampung Post, Sabtu, 20 Desember 2008

No comments:

Post a Comment