December 23, 2008

Hari ini Visit Lampung 2009 Dibuka Gubernur

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Hari ini (23-12) Gubernur Lampung Syamsurya Ryacudu membuka grand launching Visit Lampung Year (VLY) 2009 di lapangan parkir GOR Saburai Bandar Lampung. Gubernur akan membunyikan sirine sebagai tanda dimulai ajang wisata dan budaya sepanjang tahun 2009.

Acara itu dimulai dengan jalan sehat masyarakat dengan gubernur dan bupati/wali kota se Lampung. Jalan sehat yang menawarkan beragam hadiah itu kemudian berakhir di lapangan parkir GOR Saburai.

Kemudian dilanjutkan dengan peluncuran akbar Tahun Kunjungan Wisata Lampung. Acara itu juga sekaligus meresmikan situs resmi wisata Lampung yang beralamat di www.visitlampung2009.com.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lampung M. Natsir Ari mengatakan pada tahun-tahun sebelumnya event wisata Lampung adalah Festival Krakatau dan Festival Way Kambas.

Namun, untuk tahun 2009, ada satu lagi ajang andalan wisata di Lampung yakni Festival Durian yang digelar di Bandar Lampung pada Januari 2009.

"Event perdana dalam kalender kegiatan wisata Lampung itu direncanakan jadi andalan karena substansinya untuk mengangkat produk pertanian masyarakat," kata Natsir ditemui di ruang kerjanya, Senin (21-12).

Menurut dia, apalagi saat ini Bandar Lampung telah memosisikan daerahnya menjadi sentra durian. Keseriusannya ditandai dengan membangun Tugu Durian di daerah yang menjadi penghasil durian, pasar durian dan wisata durian yakni Sukadana Ham-Batuputu.

"Kami berharap tugu durian itu jangan hanya cukup dibangun, tapi ada kegiatan yang berkaitan dengan pembangunannya itu," kata dia.

Natsir menjelaskan keberhasilan VLY 2009 itu bukan hanya di tangan Disbudpar, melainkan di satuan kerja dan instansi di sektor lain harus mendukung, agar wisatawan datang ke Lampung sebanyak-banyaknya. Terutama pemda kabupaten/kota sebagai pemilik objek wisata harus berjuang mendukung VLY dengan membuat kegaiatan wisata.

"Jangan sampai program yang kita luncurkan ini tidak ada pergerakannya sampai akhir tahun. Targetnya tahun ini kunjungan dua juta wisatawan dengan target waspada 1,5 juta wisatawan dan minimal satu juta wisatawan," kata Natsir yang didampingi Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispbudpar Lukmansyah kemarin.

Lukmansyah menambahkan seluruh elemen masyarakat juga diundang untuk memberi kontribusi terhadap VLY 2009. Misalnya, pada awal Januari 2009, Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Lampung akan menggelar Kemah Pemuda Lintas Agama Peduli Lingkungan di Youth Camp Gunung Betung.

Pada kegiatan itu akan diundang organisasi pemuda berbasis agama se-Sumatera dan Jawa untuk berkemah di sana. "Yang jelas apa pun kegiatan yang bakal bisa mendatangkan wisatawan atau memberi peluang orang untuk mengetahui potensi wisata di Lampung, akan didukung," ujar dia. n AAN/K-1

Sumber: Lampung Post, Selasa, 23 Desember 2008

No comments:

Post a Comment