December 17, 2008

Sekprov Buka Festival Teluk Semaka I

KOTAAGUNG (Lampost): Sekda Provinsi Lampung, menurut rencana, hari ini (18-12), membuka Festival Teluk Semaka I di Kabupaten Tanggamus.

Kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bahagia Saputra mengatakan Festival Teluk Semaka I dimaksudkan selain untuk mengenalkan kekayaan lokasi wisata dan potensi yang dimiliki, juga untuk mengajak masyarakat dan memberdayakannya sebagai pelaku wisata.

Sehingga, ke depan selain pariwisata maju, kebudayaan lestari, juga secara ekonomi masyarakat akan terbantu dan akan mendapatkan manfaat.

Festival Teluk Semaka sendiri akan berlangsung selama tiga hari, dengan pemusatan lokasi di dua tempat, yakni di kawasan Teluk Semaka dan kompleks Islamic Centre.

Meskipun pesta budaya rakyat ini baru kali pertama digelar dan belum bisa menampilkan seluruh potensi wisata dan budaya di Tanggamus, ia berharap kegiatan ini sebagai awal yang baik untuk membangunkan seluruh potensi wisata yang telah lama tertidur.

Bahagia menambahkan Festival Teluk Semaka I ini mendapatkan dukungan masyarakat. Mereka cukup antusias.

Di Tanggamus, sejumlah objek wisata yang ada selain indah, juga masih sangat alami. Dimulai dari dari wisata alam, wisata rohani, dan wisata budaya.

Hampir semua objek wisata di sini saling berdekatan satu sama lain, sehingga mudah diakses karena berada di tepi-tepi jalan besar dan dekat dengan pusat pemerintahan.

Salah satu contoh wisata alam pegunungan di Kecamatan Gisting yang menjadi kawasan puncaknya Lampung dan berdekatan dengan wisata Air Terjun Way Lalaan.

Kabupaten Tanggamus menyediakan 19 lokasi wisata, baik yang telah dikelola maupun masih dalam taraf penataan, di antaranya lokasi wisata kawasan Tampang Belimbing yang menyajikan wisata alam secara lengkap dan memiliki fasilitas lengkap.

Kemudian, wisata Pegunungan Batu Keramat, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Pantai Pihabung, Pantai Terbaya, Way Ison, Pemandian Air Panas, dan Way Lalaan yang berada di Ibu Kota Kabupaten Kotaagung. n CK-2/D-2

Sumber: Lampung Post, Kamis, 18 Desember 2008

No comments:

Post a Comment