December 19, 2008

Visit Lampung 2009: Program Mendongkrak Pemasaran Pariwisata

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pariwisata menjadi salah satu bagian terpenting dalam pembangunan kesejahteraan rakyat. Sebab itu Provinsi Lampung membuat program Visit Lampung Year (VLY) 2009 untuk mendongkrak pemasaran pariwisata.

Selasa (23-12), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung akan menggelar peluncuran VLY 2009 di Lapangan Parkir GOR Saburai. Gubernur Lampung Syamsurya Ryacudu akan menekan tombol sirine sebagai dimulainya perhelatan wisata di Lampung itu.

Acara peluncuran itu diisi berbagai kegiatan dengan hadiah yang menarik, salah satunya adalah jalan sehat gubernur bersama masyarakat. Panitia memberi kesempatan untuk mengikuti acara tersebut secara gratis plus hadiah besar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung M. Natsir Ari didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lampung Adeham mengatakan selain gubernur, jalan sehat diikuti bupati dan wali kota se-Lampung.

Masyarakat dapat berbaur dengan para pemimpin daerahnya pada acara itu sebagai wujud partisipasinya dalam pembangunan kepariwisataan di Lampung.

"Sudah saatnya pengembangan pariwisata didukung oleh partisipasi masyarakat, semua orang Lampung harus menjadi warga sadar wisata. Maka program ini akan berjalan," jelasnya.

Dalam jalan sehat itu, panitia menyediakan kupon gratis kepada masyarakat yang berminat. Masyarakat dapat mengambil kupon itu di kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan selama jam kerja mulai Rabu (17-12) dan ditutup hari ini, Jumat (19-12).

Kupon-kupon itu nantinya menjadi nomor undian peserta jalan sehat yang akan memperebutkan sepeda motor, televisi, sepeda, dan hadiah hiburan lainnya.

Menurut Adeham, jalan sehat itu akan mengikuti rute Lapangan Parkir GOR Saburai--Jalan Sriwijaya--Jalan Jenderal Sudirman--Jalan A. Yani-- Jalan Kartini dan kembali ke GOR Saburai. Setelah jalan sehat itu barulah peresmian dimulainya agenda wisata Lampung dalam peningkatan kesejahteraan rakyat.

"Setelah acara ini, maka agenda kegiatan pariwisata akan dimulai dengan Festival Durian pada 23--25 Januari 2009 di Bandar Lampung," kata Adeham.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Festival Begawi Adat serta Wet Land and River Tour pada Maret 2009 di Kabupaten Tulangbawang. Secara berturut-turut dilanjutkan dengan festival budaya dan pariwisata di Way Kanan pada April, dan pada Juni festival digelar di Kota Metro, Lampung Utara, dan Bandar Lampung.

Pada Juli digelar Festival Teluk Setabas di Lampung Barat dan Festival Budaya di Lampung Selatan. Terakhir adalah festival di Lampung Timur dan Tanggamus pada Desember 2009. n AAN/K-1

Sumber: Lampung Post, Jumat, 19 Desember 2008

No comments:

Post a Comment