December 20, 2008

Meriah, Festival Teluk Semaka I

KOTAAGUNG (Lampost): Pembukaan pesta budaya dan wisata bertajuk Festival Teluk Semaka I 2008 yang digelar di kompleks Islamic Centre Kotaagung, Kamis (18-12), berlangsung meriah.

Pihak panitia menampilkan beragam atraksi budaya dari 28 kecamatan dalam bentuk parade. Juga turut dimeriahkan dengan atraksi dua atlet paramotor yang terbang di arena pembukaan.

Meski pendaratan tidak berlangsung mulus dan melenceng dari arena, ribuan warga Tanggamus yang hadir sangat antusias karena baru kali pertama menyaksikan atlet paramotor.

Pembukaan festival sendiri dilakukan Sekprov Irham Jafar Lan Putra mewakili Gubernur Syamsurya Ryacudu, didampingi Bupati Bambang Kurniawan, Wabup Sujadi, dan Ketua DPRD Al Hajar Syahyan. Acara pembukaan ditandai penglepasan balon udara yang dibawa terbang keliling arena oleh atlet paramotor.

Dalam sambutannya, Sekprov menyatakan bangga dan memberikan penghargaan kepada pemkab yang telah menggelar kegiatan festival sebagai rangkaian dari kegiatan Visit Lampung Year 2009. Pemprov berharap dari kegiatan ini menjadi ajang pelestarian budaya sekaligus menjadi wadah silaturahmi dari keberagaman suku di Tanggamus.

Bupati Bambang Kurniawan mengakui Festival Teluk Semaka I ini masih banyak kekurangan dan kelemahan dalam penyelenggaraannya, dan belum menampilkan secara optimal semua potensi pariwisata di Tanggamus.

Namun, ini adalah bagian dari upaya untuk membangkitkan pariwisata yang ada karena banyak sekali potensi yang belum dikembangkan, salah satu contohnya adalah air terjun Way Lalaan yang hingga kini belum juga berhasil diberdayakan. Diharapkan dengan ajang festival seperti ini, ke depan semua potensi pariwisata dapat dikembangkan lagi.n CK-2/D-2

Sumber: Lampung Post, Sabtu, 20 Desember 2008

No comments:

Post a Comment