December 17, 2008

Visit Lampung 2009 Dibuka 23 Desember

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Grand opening Tahun Kunjungan ke Lampung atau Visit Lampung 2009 akan dilakukan pada 23 Desember mendatang. Namun, minimnya publikasi dan promosi membuat program ini ditanggapi dingin oleh masyarakat.

Sejumlah warga Bandar Lampung mengaku tidak tahu jika pada 23 Desember mendatang adalah pembukaan akbar Visit Lampung 2009. Bahkan, warga mengaku tidak tahu jika tahun 2009 merupakan tahun kunjungan ke Lampung.

"Wah, saya nggak tahu. Habis, sepertinya biasa-biasa saja. Tidak ada yang berubah di Bandar Lampung. Spanduk mengenai tahun kunjungan ini juga tidak ada," kata Fitri, warga Kemiling.

Direktur Eksekutif Jung Foundation--sebuah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang kebudayaan--Kristian Heru juga mengungkapkan hal serupa. Menurut dia, target menarik dua juta wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara tidak mungkin tercapai karena minimnya promosi dan persiapan fisik yang dilakukan pemerintah daerah.

"Sepertinya persiapan yang dilakukan terburu-buru dan tidak matang. Sampai beberapa hari menjelang grand opening, belum ada satu pun spanduk mengenai tahun kunjungan ke Lampung ini. Bagaimana warga bisa tahu kalau 2009 adalah tahun kunjungan ke Lampung," kata Heru, Rabu (17-12).

Selain minim promosi, Visit Lampung 2009 juga tidak didukung persiapan infrastruktur yang baik. Sejumlah jalan ke tempat tujuan wisata masih rusak dan belum diperbaiki.

Heru juga mengkritik tagline atau slogan Visit Lampung Year 2009 yang dinilai tidak bisa menonjolkan potensi daerah sebagai daerah tujuan wisata. Di sisi lain, slogan Visit Lampung Year 2009, Your Second Home juga pernah digunakan negara tetangga, Malaysia.

"Slogan Your Second Home itu tidak menonjolkan potensi daerah. Yang namanya rumah kedua, tentu tidak menarik menjadi prioritas. Bandingkan dengan tagline yang disodorkan Kota Yogyakarta sebagai Never Ending Asia. Itu kan luar biasa. Atau slogan Kota Solo sebagai Spirit of Java." kata Heru.

Sementara itu, panitia Visit Lampung Year 2009, Citra Persada, mengatakan minimnya promosi karena kondisi keuangan yang terbatas. Meskipun demikian, panitia dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) provinsi Lampung berupaya semaksimal mungkin mempromosikan Visit Lampung Year 2009 melalui internet.

"Dengan dana yang terbatas, kami berupaya untuk memaksimalkan kegiatan ini. Salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan yang murah meriah seperti jalan sehat pada grand opening Visit Lampung pada 23 Desember mendatang," kata Citra. n ITA/K-1

Sumber: Lampung Post, Kamis, 18 Desember 2008

No comments:

Post a Comment