July 8, 2010

Lambar Gelar Kejuaraan Selancar Internasional

LIWA (Lampost): Untuk pertama kalinya Lampung Barat menggelar lomba selancar tingkat internasional pada Semarak Wisata Tanjung Setia III yang akan dipusatkan di Pantai Tanjung Setia, 10�11 Juli.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Perhubungan, Pariwisata, dan Olahraga Lambar Arief Nugroho, kemarin (7-7), mengatakan dua hari menjelang pelaksanaan, berbagai unsur baik tingkat kabupaten hingga nasional merespons positif kegiatan tersebut.

Selain digelar lomba selancar, panitia penyelenggara juga memberikan kesepatan pada komunitas fotografi dan fun bike untuk adu kebolehan dalam ajang ini.

Hingga kemarin jumlah pendaftar kedua cabang perlombaan tersebut sudah mencapai 200 orang.

Sedangkan untuk kejuaran selancar hampir semua wisatawan asing yang sedang berlibur di pesisir telah menyatakan kesiapan untuk menjadi peserta. Meskipun demikian, menurut Arief, pihaknya akan menonjolkan kearifan lokal, yakni dengan menampilkan kesenian dan budaya masyarakat setempat.

"Semua yang akan ditampilkan adalah tradisi masyarakat setempat termasuk makanan dengan rasa khas daerah,� kata dia.

Bahkan untuk penginapan, panitia mengarahkan peserta untuk menginap di homestay dengan memanfaatkan rumah-rumah warga Tanjung Setia yang dinilai layak. Tujuannya untuk menjadikan Pekon Tanjung Setia sebagai desa wisata.

Semarak Wisata Tanjung Setia III menurut rencana dihadiri Kementerian Pariwisata dan Gubernur Lampung.

Arief menjelaskan kegiatan tersebut terdiri dari dua konsep, yakni perlombaan dan atraksi. Untuk perlombaan akan digelar lomba selancar, kebut jukung, renang laut, voli pantai, sepak bola pantai, layang-layang, dan istana pasir (khusus bagi keluarga). (CK-7/D-1)

Sumber: Lampung Post, Kamis, 8 Juli 2010

No comments:

Post a Comment