July 8, 2010

Turis Asing Padati Pantai Tanjung Setia

Liwa, Lampung Barat, 8/7 (ANTARA) - Pantai Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Lampung Barat, di padati turis asing yang akan mengikuti kontes selancar, 9-11 juli.

"Jelang 'surfing contest', pantai tanjung setia telah dipadati wisatawan. Mereka mayoritas melakukan surfing dan fotografi," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Perhubungan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Lampung Barat Arif Nugroho, di Liwa, Kamis.

Beberapa hari belakanga, rata-rata dalam satu hari jumlah kedatangan turis mencapai 40 orang lebih, dan hingga Kamis jumlah turis asing di Pesisir Lampung Barat mencapai 380 orang.

Dia menjelaskan, tingginya ombak pesisir mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan asing.

Arif mengatakan, puncak kedatangan turis saat dimulainya kontes selancar yang akan dibuka Gubernur Lampung.

Pantai Tanjung Setia menjadi pusat kegiatan berselancar wisatawan asing karena ombak di sana terkenal cocok untuk kegiatan itu.

Kegiatan berselancar itu akan diikuti sejumlah orang dari enam negara, yaitu Belanda, Inggis, Jerman, Portugal, Australia, dan Jepang,.

Lonjakan wisatawan asing di Lampung Barat, membuat sebagian besar pedagang di tempat wisata itu mengalami peningkatan penjualan, rata-rata dalam satu hari pedagang mampu mendapatkan omsed hingga 50 persen.

Sementara itu, Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri mengatakan, potensi pariwisata pesisir menjadi daya jual bagi Lampung Barat.

"Potensi pariwisata pesisir menjadi andalan bagi Lampung Barat, dan ini menjadi nilai jual yang tinggi, selain itu 60 persen dari potensi itu belum semua tergali dengan baik. Hal ini mengacu pada anggaran dana yang dimiliki Lampung Barat masih sangat minim," kata Bupati.

Sumber: Antara, 8 Juli 2010

No comments:

Post a Comment