July 1, 2010

Cagar Budaya: Batubrak Miliki Nilai Sejarah

SUMBERJAYA (Lampost): Cagar budaya Batubrak yang memiliki potensi wisata sejarah tinggi di Pekon Kebuntebu, Kecamatan Sumberjaya, Lampung Barat, membutuhkan sentuhan pembangunan fasilitas pendukung guna menarik minat wisatawan.

Batubrak merupakan sebutan bagi sekumpulan prasasti yang merupakan potensi wisata dengan kandungan nilai-nilai sejarah dan pendidikan yang tinggi. Namun, karena belum terkelola dengan baik oleh Pemkab, cagar budaya itu kini terbengkalai.

Tarsudin, tokoh masyarakat Sumberjaya, mengatakan banyak sekali hal yang didapatkan wisatawan saat berkunjung ke Batubrak. Batubrak, ujarnya, berisikan prasasti zaman kerajaan.

"Potensi wisata mengandung nilai histori yang sangat kaya tentang peradaban saat zaman kerajaan dahulu. Namun, kondisi yang ada saat ini, wilayah itu harus mendapatkan sentuhan yang lebih dari Pemkab," kata dia.

Dia juga menjelaskan potensi wisata yang terletak di tanah seluas 20 meter persegi itu, saat ini hanya dibuatkan satu buah pendopo bagi para pengunjung yang ingin beristirahat. Sementara sekeliling lokasi telah dipagar.

Selain dibangun beberapa tempat untuk beristirahat, kata dia, kawasan tersebut hendaknya ditempatkan seorang staf yang dapat menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam bebatuan yang tampak tidak berharga itu. "Sehingga akan lebih membuat wisatawan nyaman dan mendapatkan ilmu yang lebih jika berkunjung ke tempat itu," kata dia. (CK-7/D-3)

Sumber: Lampung Post, Kamis, 1 Juli 2010

No comments:

Post a Comment